Atasi Partisi Gypsum yang Jebol Dengan Cara Sederhana

No Comments

Cara Sederhana Atasi Partisi Gypsum yang Jebol

Material dengan menggunakan gypsum saat ini sedang banyak diminati oleh berbeagai kalangan. Baik digunakan sebagai partisi dinding hingga plafon yang pastinya tidak kalah unggul dengan material beton, bata, ataupun material lainnya. Banyak sekali kelebihan dari menggunakan material gypsum, salah satunya adalah bobotnya yang ringan, fleksibel, mudah dipasang dan murah. Material gypsum ini juga sangat mudah diperbaiki saat terjadi kerusakan, seperti jebol dengan cara yang sangat sederhana dan anda tidak perlu membongkarnya.

Penggunaan gypsum sangat banyak diaplikasikan sebagai dinding partisi karena lebih memudahkan dari segi perawatan, dan keawetan. Namun dibalik keunggulan dari material gypsum yang dijadikan sebagai partisi, terdapat pula kelemahan yang dimiliki. Partisi dengan material gypsum dapat mengalami kerusakan kecil seperti jebol tetapi anda tidak perlu khawatir, cukup lakukan cara dibawah ini untuk mengatasinya. Penasaran? Yuk simak informasinya.

Langkah Sederhana atasi Partisi Gypsum yang Jebol

Cara Sederhana Atasi Partisi Gypsum yang Jebol

Partisi Gypsum yang jebol dapat anda perbaiki sendiri tanpa memerlukan tukang. Hal ini tentunya dapat menghemat biaya yang anda keluarkan. Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk memperbaiki partisi dengan material gypsum dan itu tergantung dari jenis kerusakan yang dimiliki. Bila kerusakan kecil, tentu memperbaikinya akan lebih mudah. Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah menyiapkan alat dan bahan yang diperlukan. Alat dan bahan tersebut meliputi tambalan dinding siap jadi, alat pemotong yang sesuai seperti gergaji dan cutter, ampelas serta semen.

Setelah semua alat dan bahan sudah anda siapkan, langkah selanjutnya adalah dengan membersihkan pinggiran Partisi jenis Gypsum yang jebol. Bersihkan dan rapihkanlah bagian yang jebol dengan menggunakan alat pemotong. Kemudian ukurlah bagian partisi yang jebol dengan menggunakan penggaris. Lalu potong dan bentuk penambal dinding siap jadi. Bahan ini dapat anda beli di toko bangunan terdekat. Pastikan anda memotong penambal dinding siap jadi dengan ukuran yang sedikit lebih besar.

Agar proses perekatan menjadi sempurna, bersihkan debu dan kotoran yang menempel lainnnya pada sekitar area yang jebol dengan menggunakan kain lap. Setelah itu, barulah anda bisa merekatkan penambal dinding pada area yang jebol. Ratakan dan tekan secara perlahan agar tidak ada gelembung – gelembung yang timbul. Anda juga bisa menggunakan surform atau pisau serba guna untuk meratakannya. Jangan lupa untuk memberikan sedikit semen pada area yang sudah ditambal dengan plester. Oleskan dengan menggunakan pisau dempul lebar secara hati – hati agar hasilnya maksimal. Diamkan beberapa saat hingga mengering.

Setelah kering, lakukanlah pengamplasan secara halus. Setelah mengamplas bagian tersebut, anda dapat melakukan finishing pada partisi dengan memberikan cat dengan warna yang sesuai ataupun bisa juga dengan lapisan dekorasi yang lain. Mudah bukan? Cara ini sangat efektif untuk mengatasi partisi yang jebol tanpa harus menggunakan jasa tukang. Tentunya anda dapat mempraktekan sendiri langkah diatas cukup dengan beberapa alat dan bahan yang bisa anda dapatkan di toko bangunan terdekat.

Jika anda menginginkan partisi jenis gypsum yang awet dan tahan lama, sebaiknya hindari dari rembesan air dan juga dari benturan yang dapat membuat jebol. Aplikasikan juga cat anti jamur dan pastikan beban yang menempel pada partisi tidak terlalu besar. Segeralah praktikan cara sederhana yang telah disebutkan untuk membuat partisi gypsum anda menjadi seperti baru dan buktikan kemudahannya.

Categories: Dekorasi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *