3 Desain Rumah Hemat Energi Yang Wajib Dicoba

No Comments

Desain Rumah Hemat Energi

Untuk membuat rumah idaman yang sesuai keinginan kita, memang membutuhkan usaha yang lebih untuk bisa menemukan konsep ataupun tema yang yang tepat saat mendesain rumah. Salah satu alternatif desain yang kini banyak diminati dan layak dicoba adalah desain yang hemat energi, yang mana tidak membutuhkan banyak energi listrik untuk menyalakan lampu untuk penerangan maupun pendingin ruangan. Sehingga tanpa perlu energi listrik yang banyak kita tetap mendapatkan penerangan dan sirkulasi udara yang cukup. Dengan desain yang sedemikian rupa, kita bisa mengatur berapa banyak cahaya yang  masuk ke dalam rumah. Sehingga bisa memberikan penerangan yang cukup tanpa perlu merasa silau yang berlebihan. Salah satu yang banyak dipakai dalam mendesain rumah hemat energi adalah Kaca tempered, yang mana sangat bagus untuk desain rumah hemat energi karena cahaya matahari akan dengan mudah masuk. Sehingga tidak memerlukan penerangan lampu saat siang hari. Sebenernya banyak sekali ide-ide unik yang bisa anda coba untuk membuat rumah hemat energi, namun 3 desain ini paling banyak diminati karena selain tidak memerlukan biaya yang besar juga sangat mudah untuk diterapkan.

3 ide desain unik untuk rumah hemat energi yang bisa kamu coba

Rumah Kaca

Desain Rumah Hemat Energi

Salah satu hal yang wajib ada untuk rumah yang hemat energi adalah penerangan yang cukup di dalam rumah saat siang hari tanpa perlu mengunakan lampu listrik sebagai penerangan, dan salah satu cara mudah adalah dengan mengunakan Kaca sebagai dinding. Sangat disarankan mengunakan kaca tempered yang 3x lebih kuat dibandingkan dengan kaca biasa, agar kaca lebih tahan dan tidak mudah pecah akibat terbentur sesuatu. Dengan menjadikan kaca sebagai dinding rumah, kesan modern juga akan lebih terasa yang membuat rumah kita terlihat lebih modern sekaligus hemat energi.

Desain Ventilasi yang cukup

Desain Rumah Hemat Energi

Selain mengunakan kaca jenis tempered, untuk bisa menghemat pengunaan lampu saat siang hari dengan menggunakan banyak ventilasi sebagai desain utama saat membuat sketsa rumah. Itu juga merupakan ide yang bagus agar udara dapat keluar masuk rumah dengan mudah, sehingga suhu ruangan tetap terjaga, tidak terlalu panas ataupun lembab. Untuk membuat desain rumah berventilasi banyak juga sangat mudah, cukup mengunakan jendela dengan tambahan kisi-kisi di tempat yang strategis seperti dapur, ruang makan, ruang tamu dan kamar tidur. Hal itu akan membuat udara di dalam rumah tidak pengap, yang tentu saja akan mengurangi pengunaan Air Conditioner atau pendingin ruangan saat siang hari, yang akan menghemat banyak energi listrik.

Desain Rumah Dengan Kolam Renang

Desain Rumah Hemat Energi

Selain mengunakan kaca tempered dan Jendela dengan kisi-kisi, agar rumah lebih hemat energi, membuat kolam renang juga dipercaya bisa membuat suasana rumah lebih sejuk saat siang hari maupun di malam hari. Selain itu dengan adanya kolam renang, suasana modern natural akan terasa, ukuran kolam pun bisa disesuaikan dengan luas bangunan sehingga tidak memakan terlalu banyak lahan.

Itulah beberapa desain unik yang bisa dicoba untuk membuat rumah yang lebih hemat energi. Dengan mengunakan kaca tempered dan jendela dengan ventilasi yang baik, maka kita bisa menekan pengunaan listrik untuk penerangan maupun AC yang akan membuat kita lebih hemat energi.  Dan kolam renang akan membuat udara di dalam rumah lebih sejuk sekaligus bisa menjadi tempat untuk melepas penat bersama keluarga saat akhir pekan.

Categories: Dekorasi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *