Ternyata Inilah Material yang Cocok untuk Rumah Tahan Gempa

No Comments

Material yang Cocok untuk Rumah Tahan Gempa

Indonesia menjadi salah satu negara yang berada di tengah-tengah cincin api pasifik, tidak heran jika hampir semua wilayah Indonesia berpeluang besar terjadi gempa. Beberapa tahun ini bencana gempa telah melanda Indonesia, bahkan sebagian ada yang memicu terjadinya tsunami, banyak korban meninggal dunia dan menyebabkan derita yang berkepanjangan. Korban yang berjatuhan tidak hanya disebabkan tsunami, namun banyak juga yang tertimbun reruntuhan bangunan. Sebenarnya ada satu solusi terbaik untuk mengatasi masalah ini, yaitu membangun rumah tahan gempa, dengan menggunakan GRC board dan material-material lainnya yang dibutuhkan.

Jepang menjadi salah satu negara yang berpeluang besar terkena gempa, negara satu ini telah mengenalkan rumah tahan gempa sejak tahun 1981, yaitu dengan menggunakan struktur khusus. Struktur bangunan tersebut terdiri dari dinding, tiang dan lantai yang bisa menyerap getaran gempa. Material yang digunakan juga terbagi menjadi dua jenis, ada yang keras dengan tujuan agar tidak mudah runtuh, dan struktur fleksibel dengan tujuan mampu menstabilkan goncangan saat terjadi gempa. Selain memerhatikan struktur penting juga kualitas material yang digunakan, selain itu antar konstruksi yang satu dengan yang lainnya harus saling berkaitan.

Material yang Tepat untuk Rumah Tahan Gempa

Material yang Cocok untuk Rumah Tahan Gempa

Untuk menghindari bahaya gempa bumi sangat disarankan masyarakat membangun rumah tahan gempa, pembangunan rumah tahan gempa tidak seperti rumah biasanya, harus menggunakan material-material yang sesuai dengan aturannya, salah satunya dengan papan grc, dapatkan material ini di tempat jual partisi grc yang dapat dipercaya. Untuk lebih lengkapnya berikut berbagai material yang harus kamu gunakan :

1. Memilih material lantai yang tahan gempa

Masyarakat umumnya menggunakan keramik untuk melengkapi lantai rumah mereka, padahal material dari keramik sangat rentan terhadap keretakan jika terjadi gempa bumi. Solusinya alangkah baiknya menggunakan material lain yang lebih tahan terhadap gempa, di antaranya marmer dan granit. Selain tidak mudah retak, lantai marmer dan granit sangat mudah untuk dibersihkan.

2. Material yang tepat untuk dinding

Material dinding yang menggunakan kayu tidak perlu takut dengan resiko gempa bumi, namun walaupun resikonya lebih sedikit dibanding dengan dinding beton, tetap harus hati-hati saat terjadi gempa bumi. Adapun dinding terbaik yang bisa kami rekomendasikan adalah GRC board, dinding satu ini memiliki banyak sekali kelebihan. Papan GRC anti terhadap air dan rayap, bisa kamu gunakan untuk indoor dan outdoor, lebih praktis dalam pengerjaannya dan memiliki bobot yang ringan sehingga sangat aman ketika gempa bumi terjadi. Tetapi jika kamu masih tertarik dengan beton maka gunakan beton aerasi yang cukup ramah terhadap goncangan.

3. Pondasi saling berhubungan

Kamu bisa menggunakan pelat lantai beton bertulang untuk pondasi yang saling berhubungan. Pastikan pondasi kuat karena berfungsi untuk meredam getaran gempa pada rumah.

Pastikan material-material yang dibutuhkan terpenuhi dengan baik, mulai dari lantai, kerangka, pondasi hingga dinding. Dapatkan grc dan bahan-bahan lainnya di tempat jual partisi grc dan material lainnya yang lengkap dan berkualitas. Jangan lupa juga untuk konsultasi dengan para ahli dalam membangun rumah anti gempa.

Categories: Konstruksi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *