Sebelum Beli, Kenali Dulu Jenis-jenis Bahan Karpet Ini!

No Comments

Seperti yang kamu ketahui, karpet merupakan salah satu dekorasi rumah yang tergolong penting. Selain karena fungsinya, keberadaan karpet juga dipercaya mampu mempercantik tampilan interior rumah kamu. Oleh sebab itu, nggak heran kalau banyak jenis-jenis karpet yang bermunculan di pasaran.

jenis Bahan Karpet

Mulai dari bentuknya, fungsinya, atau bahkan bahannya, karpet-karpet berikut ini bisa kamu jadikan referensi untuk mendekor interior rumah kamu. Nah, sebelum kamu membelinya, sebaiknya pertimbangkan juga kualitas dari bahan karpet yang akan kamu beli. Jangan cuma terpaku pada harganya yang murah, tapi kualitas karpetnya rendah ya! Inilah bahan-bahan karpet yang bisa kamu pilih dan beli. Apa sajakah itu? Yuk simak sama-sama di bawah ini!

Jenis-jenis Bahan Karpet

1. Karpet Berbahan Katun

Bahan katun mungkin sudah sering terdengar di telinga kamu. Bahan ini pastinya sudah sering kamu gunakan juga dalam kehidupan sehari-hari, misalnya untuk bahan pakaian atau celana. Tapi, ternyata nggak cuma buat bahan pakaian dan celana, katun juga bisa menjadi bahan untuk sebuah karpet tile. Dari segi bahan, karpet katun ini memang lebih tipis dan kurang tahan lama bila dibandingkan dengan bahan karpet-karpet lainnya. Tapi, kalau dibandingkan dari segi harga, karpet katun memang jauh lebih murah dibandingkan karpet-karpet lainnya. Pemilihan bahan katun ini sesuai saat isi dompet kamu pas-pasan. Nah, karena semua pertimbangan itulah karpet ini lebih cocok bila kamu letakkan di area-area ruangan dapur atau teras rumah.

2. Karpet Berbahan Wol

Karpet Berbahan Wol

Selanjutnya ada karpet dari bahan wol. Pasti kamu juga sudah akrab kan mendengar bahan yang satu ini? Yap! Wol merupakan salah satu bahan yang terbuat dari serat-serat bulu hewan. Maka dari itu, nggak heran kalau bahan ini memiliki tekstur yang lembut dan halus. Berbeda dari bahan katun, karpet tile berbahan wol ini cenderung lebih awet dan tahan lama. Selain itu, budget yang kamu keluarkan untuk membeli karpet wol juga terbilang cukup mahal bila dibandingkan karpet katun. Tapi, meskipun harganya lebih mahal, karpet ini mempunyai keunggulan seperti mudah untuk dibersihkan dari debu maupun noda-noda. Kalau kamu membeli karpet berbahan wol, sebaiknya letakkan karpet ini di area-area yang jarang dilewati oleh banyak orang, misalnya seperti ruang keluarga.

3. Karpet Berbahan Kulit Hewan

Nggak cuma karpet wol dan karpet katun, ada juga karpet yang berasal dari kulit hewan. Menakjubkan kan? Biasanya, kulit-kulit hewan yang dipakai sebagai bahan untuk membuat karpet ini adalah kulit dari hewan-hewan seperti kambing, domba, sapi, dan sebagainya. Karena menggunakan bahan kulit hewan inilah nggak heran kalau harga yang dipatok untuk sebuah karpet berbahan kulit hewan terbilang cukup mahal. Bahkan, kamu bisa merogoh kocek dua kali lipat daripada karpet jenis lainnya.

4. Karpet Berbahan Sintetik

Karpet Sintetik

Rekomendasi terakhir ada karpet tile berbahan sintetik. Perlu kamu ketahui, karpet sintetis sering dijadikan pilihan alternatif bagi para pembeli ketika karpet-karpet berbahan lainnya sudah habis alias sold out. Sama seperti artinya, karpet sintetis ini terbuat dari serat-serat buatan. Makanya, nggak heran kalau kamu sering menjumpai karpet ini dijual dengan cost yang murah dan terjangkau. Tapi, karena harganya yang terjangkau, nggak heran sih kalau karpet berbahan sintetis ini lebih sering cepat rusak. Meski begitu, karpet jenis ini sangat mudah untuk dibersihkan dari debu dan kotoran lho. Masih worth it lah untuk dibeli.

Categories: Dekorasi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *