Ternyata Beginilah Fungsi Karpet Pada Awalnya! Tips Memilih Karpet Sesuai Dengan Fungsinya

No Comments

Tips Memilih Karpet – Karpet atau yang sering kita sebut sebagai permadni adalah alat yang digunakan untuk melapisi lantai atau alas di suatu tempat. Sejarah munculnya benda ini sebenarnya berbeda-beda di setiap daerahnya. Karpet di Turki misalnya, disana karpet muncul pada abad 13 yang berfungsi sebagai pelapis lantai, pintu bahkan dinding untuk menjaga ruangan agar tetap hangat dan melindungi dari cuaca dingin yang ekstrem. Sementara di eropa, sekitar pertengahan abad 17, karpet digunakan untuk menutipi dinding atau meja saja, cukup jarang dan tidak lazim ditemukan karpet untuk melapisi lantai, barulah ketika abad 18, karpet mulai dipakai di lantai. Selain dari daerah yang telah disebutkan, ada yang menyebutkan bahwa karpet juga dulunya difungsikan oleh para pengelana atau orang-orang yang nomaden sebagai alas untuk tidur dan beristirahat di tengah-tengah perjalanan.

Tips Memilih Karpet

Jenis-jenis karpet

Karpet sendiri memiliki banyak jenisnya, dan jenis-jenis karpet ditentukan dari berbagai aspek. Ada yang dilihat dari bentuknya, tempat atau area penggunaan karpet, dan dari bahan yang digunakan dalam pembuatan karpet.

Jika dilihat dari bentuk, umumnya terdapat 4 jenis karpet yang biasa ditemui di sekitar kita. Diantaranya karpet yang berbentuk persegi panjang, bulat atau oval, karpet tile, serta karpet yang berbentuk setengah lingkaran. Dari segi tempat, karpet dapat ditaruh di area terbuka seperti teras. Tapi biasanya karpet dipasang di dalam rumah seperti ruang tamu, ruang tidur atau dapur. Hal ini tentunya bergantung kepada kebutuhan dan fungsi dari masing-masing karpet. Dan untuk dari segi bahan karpet, ada karpet yang terbuat dari wol, benang jerami, katun, kulit bahkan untuk sekarang banyak beredar karpet dengan bahan sintetis atau buatan.

Ketika aspek tersebut menjadi penentu seseorang untuk memilih karpet yang cocok dan tepat sesuai dengan fungsinya. Misalnya untuk di ruang tamu biasanya digunakan karpet persegi panjang yang terbuat dari katun. Alasannya karena di area tersebut biasanya cukup luas dan sering terdapat banyak aktivitas, maka diperlukan karpet yang lebar dan mudah dibersihkan. Contoh lain misalnya di area perkantoran, biasanya menggunakan karpet tile yang terbuat dari wol. Karena lingkungan kantor yang padat akan kegiatan, maka karpet jenis ini yang tidak perlu digulung merupakan pilihan terbaik. Selain itu dari bahannya yang nyaman juga bisa meningkatkan kenyamanan para karyawan yang bekerja.

Karpet juga terkadang diasosiasikan dengan kemewahan, contohnya pada event-event industri hiburan internasional. Biasanya menginjak karpet berwarna merah atau disebut dengan red carpet dapat menjadi suatu kebanggaan bagi banyak orang.

Desain karpet yang pas

Karpet pada umumnya memiliki desain yang membentuk pola tertentu sesuai daerah masing-masing. Misalnya di timur tengah, biasanya karpet memiliki pola bangunan atau bentuk-bentuk simetris. Corak karpet juga merupakan salah satu pertimbangan dalam memilih karpet tentunya. Seperti dalam memilih corak karpet tile murah untuk kantor, jangan pernah memilih warna yang mencolok dan terlalu terang karena akan mengganggu konsentrasi karyawan dalam bekerja. Atau ketika memilih corak karpet di ruang tidur anak, diusahakan memilih desain yang lucu seperti gambar-gambar karakter atau hewan supaya anak dapat dengan nyaman melakukan kegiatannya di kamar.

Pada zaman sekarang, kita bisa dengan sangat mudah mendapatkan karpet yang bagus dan murah. Tidak seperti dulu, karpet yang bagus merupakan barang mewah yang harganya mahal. Banyak yang menyediakan karpet tile murah untuk kantor, karpet persegi panjang murah untuk ruang tamu atau karpet-karpet lucu untuk ruangan anak. Jadi sekarang tinggal menentukan pilihan sesuai dengan kebutuhan dan fungsi yang diinginkan.

Categories: Uncategorized

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *